Dulu Pada Tahun 2005. Waktu saya masih putih abu-abu.
Internet kala itu emang masih lambat. Anda bayangin aja ya. Kala itu ya. saya
dan sahabat baik saya. Mas Aris yg
hitam ganteng ganteng serigala itu.
Membuka 1 halaman website yg berisi Teks. Membutuhkan
waktu 3 menit Per 1 Halaman. Nah, Di Kala itu Tahun 2005. Toko Online emang
udah ada. Cuma Pemain di Ranah bisnis ini. Di Dominasi oleh Kalangan Pribadi
Kecil Kecilan Bersama Keluarga dan Istrinya.
BANYAK YANG SUKSES
Di Tahun 2005-2013. Banyak banget cerita sukses dari
mereka. Namun cerita berubah dikit. Sejak Perusahaan besar atau startup
memasuki bisnis “Toko-Online”. Disaat
itulah, mulai banyak pemilik Toko Online Keluarga kecil kecilan tadi yg secara
ngga langsung berhadapan ama Raksasa-Raksasa ini.
Tak ayal, satu persatu Pemilik toko-online yg ngga
tahan ama persaingan ini mulai jatuh, bangkrut, dan berguguran.
PREDIKSI TREND 2015
Tahun 2015. Kayaknya makin banyak lagi yg berguguran.
Karena di Internet Hukum Rimba yg Berlaku.
Siapa Kuat dia menang. siapa lemah dia Bangkrut. Nah
Salah satu yg kuat di Indonesia adalah Lazada.
Grafiknya bisa anda lihat dibawah ini ya. Saya percaya anda udah mengenal Lazada,
Tokopedia, Olx (Toko bagus), berniaga, dll. Data ini saya ambil dari Polling statistik
selular.co.Id
Dilansir dari TechinAsia. Tokopedia memiliki kekuatan
pendanaan uang sekitar Rp 1 Triliun, Sedangkan Lazada yg punya Gudang Seluas 12.000
Meter. Memiliki Kekuatan Finansial Hingga : Rp 3,5 Triliun.
Mungkin kita ngelihat Keuangan mereka sangat keren.
Tapi Bagi Pemilik “Toko-Online” Kecil-Kecilan. Melihat Data milik Lazada dan
Tokopedia. membuat mereka Ketakutan.
Dengan uang berlimpah. eCommerce Raksasa dgn mudah
memperkuat dirinya. Dengan cara beriklan Branding di Google dalam jumlah Fantastis.
Enricho
Lukman. Pakar Startup di Indonesia mengatakan : Trends 2015
ia memprediksi Toko-online bakalan melebarkan sayapnya dengan cara menempatkan
Gudang di Tiap Kota Lokal. Dan mendirikan Armada Pengirim sendiri.
Jadi ngga lagi berpusat di Jakarta saja. Tapi ke LOKAL.
Celetusnya. Yg saya kutib dari Startup Bloomberg.
Baca
juga :
|
KESIMPULAN
Jika kita memiliki Toko-online ya. Di Tahun 2015 ini.
Kayaknya deh makin sulit banget deh suksesnya. Pun jika masih bisa bertahan
saat ini. Tantangan kedepan lebih berat. Karena yg dihadapi adalah Raksasa.
Cobalah untuk mengikuti saran sukses dari Ericho Lukman. Yaitu dengan mendirikan Gudang di Tengah Kota. Di Tiap
Tiap Kota Lokal Anda. lengkap dengan Armada Pengirimnya sendiri.
Hal ini bertujuan untuk meningkatkan Pelayanan dalam
bidang Pengiriman yg lebih murah dan cepat. Barang bisa sampai dalam waktu 30-45
Menit saja dan Pembayaran bisa dalam bentuk COD kepada Pelanggan.
Salah Satu yg mulai Menerapkan Teknik ini adalah
LAZADA. LAZADA dikabarkan sedang mendirikan 50 Gudang HUB. di Tengah Seluruh
Kota besar Indonesia. Dan Mempersiapkan Armada Pengiriman Sendiri yg dinamakan
LEX. Sehingga Pembayaran Bisa Dengan Metode Cash On Delivery. Bebas Penipuan, Murah dan Cepat.
Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU
Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU