Kemaren, saya bertemu dengan keluarga yg bekerja di ‘Dinas
Kebudayaan’. Sempat kaget juga pas nanyain tentang aktivitas beliau sehari-hari
disana.
Katanya, ditempat kerja bersama-sama para PNS lainnya
dari jam 7 pagi – jam 4 sore. Beliau Sibuk bekerja menyusun dokumen setebal
tumpukan kertas yg tinggi dan ngeprint berlembar-lembar kertas.
Ah pikirku dalam hati. Kok kalian masih pakai kertas sih,
katanya, ngga tahu juga, celetusnya.
Hatiku bertanya kembali kepadanya..? emangnya dinas tempat kamu kerja ngga ada
bikin website, ngga pakai cloud gitu ya.
Kan pakai kertas itu mahal. Pohon kayu banyak ditebang
celetus saya.
Jawabnya. Website dinas pemerintah kami baru mau bikin, biaya-nya
Rp 10.000.000 katanya.
Mendengar jawaban keluarga saya tersebut. Saya jadi teringat
dengan pesan seorang anak muda, namanya ‘Atta Halilintar’.
Katanya kalau pengen sukses jadi pedagang. Kamu harus bergerak maju, tak hanya offline, tapi juga
hadir di online, seperti memiliki blog, memiliki channel youtube, memiliki
website pribadi & toko online dan aktif di media sosial.
Pada tahun 2018. Kehadiran online dibutuhkan untuk melakukan
transformasi dari offline ke era online. Bukan berarti offline ditinggalkan,
tetapi bersama-sama offline-online
saling ditingkatkan.
Bagi para pebisnis, pengusaha, atau bekerja dibidang
lainnya. Memiliki website, blog dan toko online sudah menjadi ‘kebutuhan mutlak’
untuk terus mengibarkan bendera kejayaan.
10 Top Raja Peringkat Platform CMS
Menurut Internetlivestats.com
pada tanggal 16 Juli 2018. Terdapat 3,9
miliar orang pengguna internet diseluruh dunia dan jumlah total
web/blog/toko online yg telah tercipta sebanyak 1,8 miliar. (Per 2018)
Artinya, 1 orang atau 1 organisasi ada yg memiliki 3-5
website/blog. (Sayangnya data tersebut kurang akurat karena tak menyebutkan
apakah ini website berbayar atau gratisan. Kalau gratisan, rasanya masuk akal
ya 1 orang bisa membangun 5 blog sekaligus).
Sebagai informasi, blog afrid fransisco yg anda baca ini
membayar biaya Rp 250.000 per tahun.
Saya memiliki 3 blog. Artinya dibutuhkan pembayaran Rp
750.000 pertahun.
Bagi website seperti untuk ukuran dinas pemerintahan, toko,
bisnis, universitas, laboratorium, industri, dll. Biaya pembangunan atau
perawatan mungkin bisa membengkak hingga Rp 10.000.000 atau bahkan lebih.
Untuk membangun website, blog & toko online. Dibutuhkan
CMS. CMS adalah Content Management Systems. Pemilihan CMS yg benar & tepat
merupakan faktor krusial agar bisnis dapat sukses. Pemilihan CMS yg kurang popular atau salah dapat berakibat fatal pada kinerja
bisnis.
Wordpress merupakan CMS paling populer di dunia yg digunakan
oleh hampir 60.000.000 juta orang dengan menguasai peredaran dunia hingga
31.3%. artinya dari 10 blog/web/toko-online. 3 diantaranya dibangun menggunakan
Wordpress.
Berikut 10 CMS Paling banyak digunakan oleh orang-orang di
seluruh dunia.
1]. Wordpress
Buatan : Amerika Serikat
Jumlah pengguna : 60.000.000 juta orang (Tak diketahui yg
berbayar & gratis)
Peringkat kekuasaan : 31%
2]. Joomla
Buatan : United Kingdom (Inggris)
Peringkat kekuasaan : 3,1%
3]. Drupal
Buatan : Amerika Serikat
Peringkat kekuasaan : 2,0%
4]. Squarespace
Buatan : Amerika Serikat
Peringkat kekuasaan : 1,2%
5]. Shopify
Buatan : Kanada
Peringkat kekuasaan : 1,2%
6]. Magento
Buatan : Amerika Serikat
Peringkat kekuasaan : 1,1%
7]. Blogger
Buatan : Amerika Serikat
Peringkat kekuasaan : 0,8%
8]. Wix
Buatan : Israel
Jumlah pengguna : 5.800.000 juta orang
Jumlah pengguna berbayar : 2.000.000 juta orang.
Keuangan perusahaan : $ 350.000.000 juta dolar atau sekitar Rp
5 triliun rupiah (Per 2018)
Peringkat kekuasaan : 0,8%
9]. PretaShop
Buatan : Ferancis (Uni Eropa)
Peringkat kekuasaan : 0,7%
10]. TYPO3
Buatan : Switzerland
Peringkat kekuasaan : 0,7%
BLOGGING PALING DISUKAI :
Platform Wordpress mencakup kebutuhan universal yg dapat
membangun toko online, website affiliasi pemasaran, website iklan baris,
website resseler, blog, dan lain-lain sebagainya.
Beberapa daftar diatas, ada yg bertindak pada 1 kemampuan
saja seperti halnya membangun toko online & sistem kasir ritel saja. Contoh
: Shopity
Ada pula blogger milik perusahaan raksasa Alphabet.inc yg
hanya bertindak membangun aplikasi blogging untuk menulis catatan harian saja tanpa memiliki kemampuan profesional lainnya
seperti Wordpress.
Menurut Builtwith.com.
Wordpress dan Blogger merupakan
platform blogging paling popular didunia untuk mencatat diary.
Sedangkan pihak perusahaan-perusahaan CMS lain tak mampu
mengejar kedigdayaan di 'area blogging (catatan harian)' yg hanya mencakup kurang dari 0,1%.
Sehingga blogging hanya dikuasai oleh 2 pemain saja. yaitu WordPress dan Blogger.
WordPress – 89,3%
Blogger – 5,9%
MovableType – 0,1%
Blog Engine - < 0,1%
Medium - < 0,1%
Posthaven - < 0,1%
Tumblr – 0,1%
Tumblr – 0,1%
Baca juga :
KESIMPULAN
Seperti yg terlihat pada data. Jumlah
pengguna Joomla, Magento & Drupal terlihat semakin menurun dari bulan ke
bulan.
Diikuti pula oleh total keseluruhan perusahaan-perusahaan CMS
lainnya yg beredar tersebar di dunia menurun dari bulan Juli 2017 sebesar 52%, turun menjadi 47% pada bulan Juli 2018.
Wordpress tetap menjadi
raja CMS no #1 di dunia pada tahun 2018
Namun WordPress harus waspada.
Karena Shopify, Squarespace, PretaShop, dan Wix terus
mengalami peningkatan dari bulan ke bulan begitu pesat karena kecanggihan
sistem teknologinya tanpa mengharuskan seseorang belajar kode pemprograman HTML,
PHP, JAVASCRIPT, CSS, JAVA, ASP.NET, PYTHON, RUBY, dll.
Newbie atau semua orang kini dapat menciptakan website
pribadi sederhana dan membangun toko online begitu praktis semudah 1,2,3.
Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU