Terdapat
sekitar 1.940.000.000 miliar website dan blog. Namun jumlah blog/website aktif
sesungguhnya hanya ada 80.000.000
juta situs saja dari total 500.000.000 juta blog.
Termasuk
sekitar 3.000.000 juta aplikasi app
mobile berbasis Play Store Android dan App store Apple (iPhone).
1
orang pebisnis online biasanya memiliki 3-5 website.
61%
pangsa pasar website, blog dan aplikasi diketahui tak menggunakan jaringan
iklan digital. Karena lebih dari separuh keseluruhan web merupakan bentuk
platform toko online UKM, website affiliate, website perusahaan, resseler dan landing pages yang
ngga dapat disisipkan oleh iklan. Sisanya sekitar 39% dari populasi blog
merupakan bentuk media blogging.
Oh
ya, jika teman teman adalah seorang blogger di Wordpress, Blogspot atau pemilik
situs berita informasi. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dengan ngeblog.
Tentunya
teknik untuk memonetisasi blog paling populer yaitu berdagang sebuah produk
dengan mereferensi sebuah link menuju situs lainnya yang menjual aneka serba
serbi bentuk produk. Entah itu bersifat fisik atau digital.
Cara
kedua yang ditempuh oleh kebanyakan orang yaitu menggunakan iklan.
Iklan
digital zaman now begitu canggih karena dapat memonitor pergerakan aktivitas statistik
klik, mendeteksi audiens, memiliki teknologi cookie doubleclickdart, log files,
mendeteksi ISP dan lain lain sebagainya.
Konsepnya
sederhana. Tampilkan iklan di web atau blog. Nah, jika ada orang yang mengklik
atau menonton iklan tersebut maka kita akan dibayar. Biasanya dihitung perklik
atau per tontonan. Harga perklik beda beda. Kalau orang Indonesia yang mengklik
iklan maka dibayar recehan. Tapi kalau orang bule yang mengklik maka dibayar
ribuan rupiah sekali klik.
Secara
garis besar. Jaringan periklanan ad network paling populer di dunia dikuasai
oleh Google Adsense milik perusahaan Alphabet.inc (induk Google).
Google menguasai mencapai penguasaan pangsa pasar dominan hingga 97%.
Google menguasai mencapai penguasaan pangsa pasar dominan hingga 97%.
Sisanya,
3% hanya dikuasai oleh perusahaan lain yang menyasar target spesifik.
Berikut 5 jaringan iklan digital terbesar di dunia (2020)
1]. Google Adsense
Cakupan
pangsa pasar : 97%.
Tak
terbantahkan dan tak tertandingi.
Google
Adsense adalah penguasa iklan global.
Bagi
pengguna internet yang sering berselancar setiap hari pasti menemukan iklan
Google Adsense ada di mana mana.
Adsense
adalah jaringan iklan terbaik untuk penerbit publisher di seluruh dunia.
Publisher
akan menerima bayaran bagi hasil 68% dari pendapatan setiap klik. Itu adalah
persentase terbesar untuk iklan digital. Sehingga wajar mengapa Adsense menjadi
idola. Hampir tak ada yang mampu menandingi Google untuk sistem pembagian jatah saat ini di dunia
periklanan online.
Adsense
memiliki ambang pembayaran minimum $ 100 dolar atau sekitar Rp 1.450.000 ribu
rupiah.
Jika
sudah mencapai batas.
Gaji secara otomatis dikirim oleh Google langsung ke
rekening Bank anda.
Agak
sulit untuk bergabung dengan Google pada awalnya. Karena memiliki syarat ketat
dan harus memenuhi standar persetujuan terverifikasi. Seperti jumlah subscriber
mencapai 1.000 orang.
Jam
tayang 4.000, usia domain, jumlah traffic harian blog/web minimal 100
pengunjung / pageviews, pastikan navigasi jelas, dan diharuskan agar lolos dari
copypaste.
Bagi
kebanyakan orang untuk mencapai konsisten jumlah 100 pengunjung per hari saja
diketahui begitu sulit dan tak mudah. Sehingga banyak orang menyerah di Google
Adsense dan Youtube.
2]. Adroll
Cakupan
pangsa pasar : 1.4%.
Selain
iklan Google Adsense. Kadang kadang kita juga menemukan banner spanduk iklan pada
beberapa web/blog dimana pada bagian bawahnya tertulis Adroll.
Adroll
adalah media iklan yang mudah digunakan, monyet pun bisa melakukannya.
Begitulah
katanya. He he…,
3]. Yandex Direct
Cakupan
pangsa pasar : 1.1%.
Yandex
Direct beroperasi di wilayah Rusia dan negara negara bekas Uni Soviet.
4]. Xandr
Cakupan
pangsa pasar : 0.6%.
Xandr
adalah jaringan periklanan milik AT&T Warnermedia dan anak perusahaan
hiburan entertainment seperti Twenty Twenty, HBO Films, Warner bros, dll.
Baca juga :
5]. Openx
Cakupan
pangsa pasar : 0.5%.
OpenX adalah platform iklan pertama di dunia berbasis unlock walled berfokus di jangkauan
kategori web terbuka menggunakan teknologi iklan dipersonalisasi.
#Lainnya.
Lainnya
terdiri dari Infolinks, Bidvertiser, Rakuten Advertising, Buysellads, Outbrain
Taboola dari Israel dan Baidu Promote dari China yang menguasai pangsa pasar sebesar 0.1%.
NB : Facebook Ads atau iklan Facebook bukan termasuk ke
dalam kategori daftar ini ya. Karena Facebook berbasis iklan mandiri bukan
network ads. Facebook Ads tak membagikan pendapatan iklannya ke pihak lain.
Kecuali Facebook Live Streaming. Dengan memunculkan jendela pemutar video iklan
terpisah tanpa mengganggu jalannya proses menonton.
Terima
kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU