Langsung ke konten utama

Bensin B40 ( Bioenergy dan Bioavtur ) bikin pengusaha petani sawit dan perusahaan kelapa sawit semakin senang dan cuan [ Next di masa depan menuju B100 ] ( 2024 )

Kabar berita gembira datang dari presiden Joko Widodo ( Jokowi ) untuk terus mendukung percepatan bensin bertenaga pohon kelapa sawit dalam tajuk hilirisasi dan industrisasi. Demi mendukung kedaulatan & kemandirian energi otomotif dan non-otomotif di Indonesia.  

Menurut data yang saya peroleh dari badan pusat statistik pada tahun 2024. Luas area perkebunan pohon kelapa sawit di Indonesia mencapai 16.380.000 juta hektar. 

Angka luas perkebunan ini tentu saja belum dapat secara maksimal demi memenuhi demand terhadap kebutuhan CPO atau minyak goreng untuk kebutuhan Indonesia dan dunia. Maka perlu ditingkatkan lagi 2x lipat lebih luas lagi guna memenuhi permintaan baru terhadap B40.  

Hal itu dapat dilakukan dengan menambahkan area perkebunan atau meningkatkan produksi dari perkebunan yang sudah ada. Sebab ini sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia dan tentu saja mengurangi impor BBM dari negara Arab di Timur Tengah. 

Oleh sebab itu, perlu rasanya kehadiran pemerintah Indonesia guna memudahkan operasi perkebunan dengan cara mendukung adanya pembangunan infrastruktur seperti irigasi air, bendungan air, jalan untuk truck pembawa hasil panen, jembatan, pelabuhan, penampungan embung air sebagai media penyiraman sawit, dll sebagainya untuk meningkatkan produktivitas perkebunan kelapa sawit.   

Sebagai informasi kepada anda. 

Indonesia adalah raja kebun eksportir hasil dari perkebunan kelapa sawit no #1 di dunia. 

Dan perlu diketahui. Ini adalah bisnis berkelanjutan, karena bensin BBM yang dihasilkan oleh produksi kelapa sawit tidak dapat habis atau tidak dapat punah. Selama pohon sawit masih terus ditanam, ditebang lagi, ditanam lagi, di tebang lagi, di tanam lagi. dst. 

Sebentar lagi, orang orang Indonesia segera menyaksikan truk pengangkut sawit menggunakan bensin BBM berkekuatan B40 dari hasil produksi kebun mereka sendiri. Truck yang berjalan di tanam dengan kekuatan kelapa sawit yang ditanam sendiri.  

Indonesia dapat menghasilkan panen bensin dari pohon sawit. 

Ini efektif dan paling efesien. 

Siapa yang butuh tambang minyak lagi, kalau punya kebun sawit. He he..., 

Jadi jika ada bocil bertanya. Kapan Indonesia kehabisan BBM dari kelapa sawit.

Jawabnya adalah MUSTAHIL. 

Selama pohon kelapa sawit masih berdiri kokoh dan berdiri gagah perkasa di bumi Kalimantan. 

BBM Indonesia tidakkan pernah dapat habis.  

Hidup sawit

Hidup sawit

Hidup sawit

Tantangannya adalah krisis air, kelangkaan pupuk atau memasuki musim kemarau. He he..., 


B40 adalah bahan bakar nabati berbasis CPO atau kelapa sawit yaitu FAME ( fatty acid methy esters ) yang agak ramah lingkungan yang kemudian dicampur dengan 60% dari BBM lainnya seperti Pertalite, Solar atau Pertamax. Oleh sebab itu maka disebut B40. Karena 40% nya berasal dari produk sawit lokal.  

B40 dapat digunakan untuk mobil, motor, truck, bus, kereta bahkan [ pesawat terbang ( dalam versi bioavtur pengelolaan lebih lanjut ].

B40 juga dapat digunakan untuk mendukung industri manufaktur seperti pembangkit listrik tenaga sawit dan industri lainnya. Selain itu, B40 juga dapat digunakan untuk mendukung industri transportasi pelayaran kapal laut, mesin berat, kendaraan mobil lapis baja dan hingga traktor pertanian atau traktor pertambangan. Manfaat B40 begitu banyak, apalagi kelak menuju ke B100. 

Walaupun begitu, sejak lama B40 terus menerus mendapatkan tantangan selama berdekade dekade. Yaitu mendapatkan kasus perlawanan dari aktivis pro lingkungan yang menolak bahwa kebun sawit merusak alam dan minyak goreng yang dihasilkannya dapat menyebabkan kanker pada manusia jika dikonsumsi. 

Informasi ini terus menerus mereka sebarkan melalui iklan, televisi, spanduk, banner dan radio yang menyatakan bahwa kelapa sawit berbahaya untuk bumi. 

Umumnya orang orang para penentang atau penolak ini berasal dari Uni Eropa. Karena produk hasil sawit bersaing langsung dengan persaingan ketat komoditas minyak biji bunga matahari asal EU. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post