Kehadiran Youtube telah mengubah banyak hal dalam sendi sendi kehidupan manusia.
Platform dengan simbol warna merah ini pertama kali diciptakan oleh founder bernama Jawed karim, Chad hurley dan Steve chen.
Lalu, kemudian perusahaan Google ( Alphabet.inc ) mengakuisisi Youtube.com pada tahun 2006.
Di Indonesia. Pada tahun 2008 yang lalu.
Perjalanan Youtube tidak berjalan mulus. Karena pernah diblokir oleh pemerintah Indonesia melalui Kominfo karena ada beberapa channel yang hobi menyebar film fitnah dan Youtube pernah diancam diblokir jika tidak bayar pajak kepada pemerintah NKRI yang berkuasa.
Meskipun Youtube pernah diblokir di Indonesia.
Youtube tetap kembali dan malah jadi teman setia menemani bagi jutaan rakyat Indonesia menonton lebih dari TV.
Youtube memberi warna segar yang baru bagi dunia pendidikan, entertainment, konten game anak dan untuk penyebaran informasi melalui teknologi.
Sebelum tahun 2006, umat manusia keturunan generasi baby boomers hanya terpaku menonton siaran televisi yang itu itu saja, tidak interaktif dan hanya dikuasai oleh perusahaan media raksasa pertelevisian saja.
Sejak Youtube menggebrak video online, mengubah citra dari yang tadinya tontonan TV tidak interaktif menjadi interaktif. Memberikan keleluasaan, kebebasan ekspresi, fleksibel ( tidak kaku lagi ), menghasilkan karya tontonan seni yang lebih beragam, bervariasi dan orang orang rakyat biasa bahkan dapat berekspresi, berkreasi hingga menghasilkan uang dari menciptakan konten video yang menarik untuk diupload di channelnya masing masing.
Jadi tidak lagi sekedar hanya dikuasai oleh segelintir perusahaan media TV besar lagi.
Tetapi orang orang di seluruh dunia punya kesempatan yang sama untuk membuat, menciptakan dan menghasilkan video yang kualitasnya bahkan sama seperti TV.
Bahkan pak Rocky Gerung kini sekarang sudah punya channel sendiri untuk mengabarkan informasi kritiknya yang lebih pedas dari cabe rawit, membuat semua pejabat kleptokrasi yang mendengarnya menjadi GERD.
Fakta tentang Youtube ( 2024 )
Berikut adalah fakta dan data tentang Youtube yang membuat para ahli pemasaran marketing, entrepreneur dan kalangan entreprise lainnya wajib menggunakan Youtube.
~ Youtube adalah website populer peringkat #2 di dunia setelah Search Engine Google.
~ Jumlah pengguna aktif bulanan Youtube setiap bulan mencapai 2,7 miliar orang.
~ 90% orang yang mengakses Youtube berasal dari smartphone mobile. Sisanya 10% adalah gabungan komputer PC, laptop, smart televisi dan tablet.
~ Pesaing terberat Youtube di ranah kategori bidang 'video online' adalah TIKTOK yang punya 1,8 miliar orang aktif bulanan ( NB : Facebook & Instagram tidak termasuk, karena berbeda kategori masuk ke ranah jejarang sosial gabungan text, foto & video ].
~ Rata rata durasi waktu orang yang menonton Youtube secara harian setiap hari berbeda beda, ada orang yang menonton Youtube bahkan hingga berjam jam setiap harinya. Tetapi apabila benang merah ditarik, maka rata rata tiap orang menonton Youtube yaitu sebesar 40 menit per hari.
~ Pendapatan utama Youtube berasal dari iklan Adsense. Apabila pemasukan digabung dengan fitur langganan Youtube premium menghasilkan $ 31 miliar dolar atau setara Rp 469 triliun rupiah pertahun.
Namun ini dibagi lagi sebesar 68% kepada konten kreator dalam bentuk bagi hasil kerjasama. ( NB : Total pendapatan dari Youtube premium pada tahun 2023 sebesar $ 11 miliar dolar ).
~ Youtube adalah platform video online terbesar #1 di dunia, peringkat #2 disusul dengan cepat oleh TikTok, padahal Tiktok barusan lahir sejak 2017. Namun sudah sanggup membayang bayangi Youtube.
~ Youtube hanya memiliki kurang lebih 1.500.000 juta channel yang aktif mengupload setidaknya setiap 1 minggu.
Sisanya adalah channel tidak aktif yang jarang upload atau pemiliknya sudah meninggal dunia.
Jadi jika anda ingin menjadi seorang Youtuber sukses. Harus bersiap siap bersaing dengan 1.500.000 juta channel lainnya.
~ Total jumlah seluruh video yang ada di platform Youtube adalah hanya sebanyak 800.000.000 juta. Sisanya sudah banyak video jadul & video lawas yang dihapus oleh sistem Google karena pemiliknya tidak aktif selama 2 tahun di akun Youtube.
~ Hanya ada 35.000 channel di seluruh dunia yang punya 1.000.000 juta subscriber.
~ Youtube shorts ( video kurang dari 60 detik ) di tonton sebanyak 70 miliar kali per hari pada tahun 2023 yang lalu. Fitur shorts merupakan jawaban dari Youtube untuk menantang dominasi video pendek milik perusahaan Bytedance asal China ( induk Tiktok ).
~ Rata rata kebanyakan channel Youtube di upload dalam waktu durasi 12 menit saja per video. Sedangkan video musik mayoritas berada di angka waktu 6 menit per video.
~ Dalam waktu 1 hari ada sebanyak total 720.000 jam video di upload ke situs Youtube.
~ Orang orang India adalah pecandu Youtube terbanyak #1 di dunia di mana hampir 500 juta orang warga India menonton di platform tersebut. Hal ini wajar, karena Tiktok di blokir di India.
~ Warga Timur Tengah. Seperti Uni Emirat Arab, Arab Saudi & Israel dan penduduk di Asia seperti Korea Selatan. Diketahui hampir 90% menyukai dan aktif di Youtube. Ketimbang memilih jejaring sosial. Seperti Facebook, X.com & Instagram, mereka tidak terlalu menyukainya.
~ Pada tahun 2023. Ada sebanyak 100.000.000 juta orang memilih menjadi pelanggan berbayar Youtube Premium.
~ 20% pencarian populer di Youtube terbanyak menyangkut tentang masalah video musik official.
~ Youtube adalah platform yang disukai oleh para peneliti, pemasaran & pebisnis B2B untuk tujuan penelitian dan mengambil keputusan.
~ Pengiklan paling sering dan terbesar di Youtube adalah perusahaan Apple.inc yang mempromosikan iPhone. Tidak tanggung tanggung, triliun rupiah digelontorkan Apple hanya buat beriklan di Youtube.
~ Pengakses Youtube terbanyak pada tahun 2023 berasal dari generasi gen Z. Yaitu mereka yang lahir mulai tahun 1997.
~ Youtube di pakai oleh semua orang. Mulai dari batita, bocil, remaja, orang tua bahkan sampai kakek nenek. Youtube tidak seperti aplikasi lainnya yang hanya menyasar pada umur tertentu, Youtube malah melibas semua umur.
~ Dalam 1 hari sebanyak 122.000.000 juta orang di seluruh dunia menonton Youtube perhari dengan rata rata waktu durasi 40 menit.
~ Youtube meningkatkan efek bahaya kekwatiran terhadap dampak kecanduan, ketagihan & kemabukan terhadap platform ini yang menyebabkan orang orang dari kalangan remaja terus menerus terpaku menatap layar di Youtube. Hasil data survei Pew Research Center pada tahun 2023 menyatakan bahwa Youtube tetap kokoh perkasa sukses mengungguli dan mendominasi dibandingkan Facebook, Instagram, Snapchat, X.com, dll.
~ Perusahaan media berita informasi berbasis tulisan text artikel atau blogging. Diketahui semakin banyak berbondong bondong menutup situs website nya dan beralih fokus ke platform Youtube. ( Breaking news pindah ke Youtube ). Sepertinya para wartawan media harus kudu belajar bikin video nih. Bukan hanya cuma jago nulis artikel.
~ Channel Mr Beast asal Amerika Serikat adalah Youtuber pribadi ( non-company ) paling kaya #1 di dunia yang menghasilkan pendapatan iklan adsense setiap tahunnya hingga mencapai $ 54.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 864 miliar per tahun.
Pendapatan Mr Beast sebanyak Rp 864 miliar per tahun 2023 sebenarnya sudah bersih. Tetapi masih dikurangi oleh beban operasional biaya lainnya seperti biaya tim, biaya editor, biaya transportasi, biaya kameramen, biaya penghancuran Lamborgini seharga Rp 9 miliar. Tapi dengan ROI ( istilah bisnis, untung dikurangi rugi menghasilkan laba bersih ).
Maka sekalipun mobil lamborgini dihancurkan demi konten.
Maka sesungguhnya Mr beast tetap cuan banyak dari Youtube.
Jadi jika teman teman pengen menyontek teknik, strategi atau gaya Mr Beast bikin konten viral demi FYP dengan cara menghancurkan mobil mewah punya sendiri. Karena tertarik pengen mengejar tayangan view yang banyak seperti Mr Beast.
Pastikan dulu manajemen ROI bisnis Youtube anda setara dengan Mr Beast.
Kalau tidak, maka bakal stress akut dan jadi orang gila dong.
Karena biaya operasional Youtube lebih besar daripada gaji Youtube nya.
~ Channel T series asal India adalah Youtuber perusahaan company media paling kaya #1 di dunia. Ini menghasilkan pendapatan dari iklan adsense sebesar $ 110.000.000 juta dolar atau Rp 1,7 triliun rupiah per tahun.