Langsung ke konten utama

Pertama di dunia : Bursa saham Israel TASE izinkan AI masuk untuk data analysis keuangan serba otomatis yang digunakan untuk mendongkrak Israelcorp.com dan SWF Citizens Fund ( 2024 )


Perkembangan teknologi kecerdasan buatan atau AI kini ditingkatkan ke level berikutnya menjadi alih alih dari sebelumnya mengandalkan manajer manusia atau karyawan manusia. 

Kali ini giliran AI yang bekerja tanpa melibatkan emosi dan mampu berpikir berkecepatan tinggi menganalisis jutaan hingga miliaran parameter di bursa saham yang dikoneksi ke jaringan internet dalam membaca berita informasi secara real time dan menghubungkannya ke bigdata untuk mengambil kesimpulan atau menjadi ringkasan pendek. 

AI akan memberikan arahan, konsultasi, petunjuk, nasihat dan prediksi kepada manusia pengambil keputusan tentang kapan waktu buy dan kapan waktu sell. 

Contoh seperti beli saham emiten A di tahun 2024 dan jual pada bulan November 2027. 

Atau jual saham emiten B dan pada tanggal ini beli emiten saham C. 

Diatas merupakan salah satu contoh kasus studi. Namun penggunaan AI memiliki banyak manfaat lainnya. Seperti dapat bertanya kepada AI. Apakah saham Teva pharmaceuticals memiliki potensi kenaikan harga hingga 3 tahun ke depan ataukah justru emiten ini bakal menurun...?

Manfaat lain dari AI di pasar modal. Terutama kepada perusahaan bursa TASE atau Tel Aviv Stock Exchange yaitu membantu karyawan dalam penyusunan data administrasi dengan kecepatan yang lebih tinggi, pembaruaan perdagangan, memutakhirkan portofolio, alat perbandingan saham, pengelolaan manajemen, otomatisasi data, meningkatkan layanan, alat rekomendasi saham, alat personalisasi investasi, dll.  

Selain itu, pengguna diberikan kesempatan umtuk memanfaatkan AI bertanya ke masing masing orang ( investor ). 

Misalkan. Seorang investor bertanya : 

Apakah Elbit System merupakan saham yang bagus untuk berinvestasi. 

AI lalu menjawab dengan ringkas, jelas & padat : 

Elbit System adalah perusahaan senjata asal Israel. Saham ini lebih baik di 'tahan dulu dalam jangka panjang' jangan di jual. Karena dari tahun ke tahun, arus keuangan selalu profit. Sehingga memiliki potensi dalam waktu 3 tahun meningkat hingga 50%. 

Perlu diketahui bahwa AI ini mengkoneksikan diri ke website berita news bahkan hingga membaca jejaring media sosial yang bersifat publik seperti fans page Facebook, Instagram dan X.com. Semua dibaca dan dilakukan secara realtime. Termasuk membaca pikiran mantan.  

Kemampuan AI yang mampu membaca miliaran teks jelas jelas tidak dapat dilakukan oleh analis manusia maupun manajer profesional manusia manapun. 

Eldad tamir dari Israel mengatakan : 

Ini gila, memuaskan, menarik dan berhasil. Sekarang kita hanya perlu menyakinkan masyarakat bahwa dunia sudah berubah dan itulah bagian tersulitnya. Sahutnya.  

Pada saat artikel ini ditulis. Layanan AI untuk pasar modal hanya tersedia di Israel untuk orang orang Israel. Namun tidak menutup kemungkinan segera diaplikasikan ke seluruh penjuru dunia. 

TASE milik pemerintah Israel telah bekerjasama dengan perusahaan Bridgewise.com untuk menghadirkan layanan AI. ( TASE tidak menggunakan OpenAI ChatGPT ). 

Bridgewise adalah perusahaan teknologi asal Israel yang bergerak dalam bidang kecerdasan buatan AI yang dikhususkan untuk riset, penelitian, analisis yang membantu perusahaan pasar modal menyederhanakan dan meningkatkan fitur layanan keuanganya, meminimalkan biaya operasional, sekaligus membantu investor ritel untuk membuat keputusan investasi yang tepat, tetapi keputusan akhir memencet tombol buy & sell tetap dilakukan oleh masing masing pribadi orang atau investor itu sendiri, bukan AI. 

AI hanya memberikan saran, masukan, arahan dan konsultasi. 

Terutama di bidang keuangan & investasi. 

Tapi yang mencet tombol buy & sell. Tetap pribadi orang itu sendiri. 

Memang, tidak semua pertanyaan dijawab oleh AI model ini. 

AI TASE menolak jika ditanya : Kapan waktu tepat untuk liburan jadi investor untuk menghilangkan kejenuhan dan pusing kepala..?  

Atau AI TASE bakal menolak menjawab jika diberi pertanyaan seperti ini : 

Saham goceng apa sih yang bisa bikin kaya raya mendadak, biar bisa cepat beli Lamborghini dan tas Hermes gitu. ???

Di Israel, 

AI mulai turut digunakan oleh pemerintah Israel untuk membantu mendongkrak Israelcorp.com dan SWF Citizens Fund ke level berikutnya.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post