Skip to main content

18 negara club kaya raya dan makmur berdasarkan kekuatan paritas daya beli per capita PPP ( 2025 )

Indikator standar kehidupan rakyat melalui kemakmuran berdasarkan data ilmu PPP per kapita di masing masing negara. 

Namun perlu diketahui ini merupakan data yang tidak dapat disamaratakan ke semua orang di suatu negara tersebut. Karena adanya perbedaan tumpang tindih ketimpangan gini rasio. 

Data meliputi upah, gaji, penghasilan rata rata median setiap orang. 

'Median PPP' yaitu nilai tengah dari sekumpulan angka statistik kekayaan sekumpulan orang orang di negara yang dimaksud. Tidak mewakili mayoritas sekumpulan orang orang yang berada di kasta bawah yang umumnya jauh lebih banyak. 

PPP atau paritas daya beli memadukan unsur kemampuan daya beli seseorang absolut terhadap mata uang lokal atau mata uang lainnya dalam membeli, menggunakan layanan jasa atau mengkomsumsi produk. 

PPP per kapita tidak dapat disamakan dengan PDB. Karena kedua prinsip hitungan data itu berbeda teknik perhitungannya. 

Pada intinya, PPP belum dapat mencerminkan nilai output ekonomi. Namun setidaknya sedikit memberikan gambaran. 

Bagi anda pemilik founder perusahaan, stakeholder terkait, UKM atau pemilik bisnis usaha ekspor yang hendak meningkatkan keuntungan dari perdagangan internasional. Artikel ini penting. Dimana target sasaran penjualan produk anda ke negara bersangkutan harus tepat dan sesuai. Memiliki kriteria PPP tinggi. 

Percuma berjualan di negara yang mayoritas penduduknya punya daya beli lemah. Sehebat hebat apapun marketing pemasaran, tapi jika rakyatnya tidak punya kemampuan daya beli maka hasilnya nihil atau minim order, disisi lain beban promosi malah menjadi membengkak, menyebabkan kerugian finansial.  

Percuma mendirikan pabrik di negara yang mayoritas penduduknya punya daya beli lemah. 

Rakyatnya cuma mondar mandir tertarik liat liat produk aja, mereka ingin membeli, tapi tidak dapat membelinya karena kehilangan daya kemampuan membeli ( nol transaksi ). 

Berikut adalah  18 negara club terkaya dan makmur berdasarkan paritas daya beli per capita PPP ( 2025 ). 

Teman teman dapat jadikan target pemasaran dengan kemampuan orientasi daya beli yang kuat sesuai dengan rentangan harga yang telah ditetapkan. Terkhusus kepada anda para pebisnis profesional yang pengen meningkatkan pendapatan atau penjualan. 

NB catatan : Kurs dolar : Rp 16.400

1]. Switzerland swiss

PPP : Rp 1,8 miliar per tahun

2]. Singapura

PPP : Rp 1,5 miliar per tahun

2]. Norwegia

PPP : Rp 1,4 miliar per tahun

4]. Islandia

PPP : Rp 1,3 miliar per tahun

5]. Amerika Serikat

PPP : Rp 1,3 miliar per tahun

6]. Qatar

PPP : Rp 1,1 miliar per tahun

7]. Australia

PPP : Rp 1,0 miliar per tahun

8]. Kanada

PPP : Rp 900.000.000 juta per tahun

9]. Israel

PPP : Rp 800.000.000 juta per tahun

10]. United Kingdom UK ( Inggris )

PPP : Rp 800.000.000 juta per tahun

11]. United Arab Emirat ( UAE )

PPP : Rp 800.000.000 juta per tahun

12]. Selandia Baru 

PPP : Rp 700.000.000 juta per tahun

13]. Uni Eropa ( EU )

PPP : Rp 700.000.000 juta per tahun

14]. Korea Selatan

PPP : Rp 600.000.000 juta per tahun

15]. Brunei Darussalam

PPP : Rp 600.000.000 juta per tahun

16]. Jepang

PPP : Rp 500.000.000 juta per tahun

17]. Arab Saudi

PPP : Rp 500.000.000 juta per tahun

18]. Taiwan

PPP : Rp 500.000.000 juta per tahun

Catatan tambahan : 

Indonesia

PPP = Rp 86.000.000 juta rupiah per tahun atau sekitar $ 5.200 dolar.

[ Indonesia tergolong sebagai masyarakat kelas menengah ] 

Patut di syukuri sih dong ya.  

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.